Analisa Design Web Kompas.com

Posted: Juni 10, 2014 in SoftSkill

Isi Textual

Web kompas adalah salah satu web yang memuat berita‐berita terkini tentang kejadian‐kejadian penting yang ada. Kebanyakan berita nya terdapat dari dalam negeri. Selain berita‐berita, web kompas juga menyajikan informasi‐informasi penting bagi pembacanya. Di bawah ini merupakan gambar dari halaman utama website www.Kompas.com.

kompas1

Isi adalah bagian yang sangat spesifik, dianjurkan untuk memuat suatu informasi yang sesuai pada halaman suatu situs berdasarkan temanya. Membaca informasi dalam halaman situs membuat para pengguna situs menjadi lebih canggung dan lebih lambat dari monitor dibanding dari membaca melalui media catatan/kertas. Maka dibuatkanlah bagi para penguna situs tulisan untuk mengisi halaman web atau header dari halaman situs, selain itu dibuatkan juga highlights untuk menyoroti teks atau paragraph yang dibaca atau yang terpilih.
Hasil analisa :

Isi dari web kompas tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan user. Penyajian informasi sudah jelas dan lengkap dengan berita yang terupdate dari berita nasional hingga internasional dalam berbagi bidang politik, olahraga, bisnis dan keuangan, pengetahuan, dll. Memudahkan user dalam memperoleh informasi yang akurat sesuai dengan keinginan user. Berita-berita yang disajikan oleh web kompas selalu ter-up-date. Hal ini juga dapat dilihat dari terteranya hari,tanggal, bulan, tahun, dan jam pada masing-masing berita yang disajikan.

Desain Grafis
1. Metaphor (Metafora)

Adalah aplikasi dari nama atau deskripsi istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen‐elemen visual dengan item‐item yang berkaitan.
Hasil analisa :
Pada web Kompas terdapat unsur metafora. Bentuk matafora yang digunakan adalah berupa flash objek iklan yang dibuat dengan menggunakan media flash, teks dan ada juga yang berbentuk slide gambar kejadian suatu topik berita. Objek‐objek tersebut menghubungkan kita pada halaman dari objek yang kita pilih.

2. Clarity (Kejelasan)

Harus ada alasan yang kuat/masuk akal mengapa kita menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat. Penggunaan yang sedikit akan lebih baik.
Hasil analisa :
Pada web kompas memiliki banyak clarity yang baik. Setiap elemen‐elemen yang ada di dalam web Kompas baik gambar dan teks ditujukan agar para pembaca berita mudah mendapatkan informasi yang dicarinya. Biasanya berita‐berita yang baru akan dimuat di depan sebagai berita headlines. Dan di web ini juga ada tab yang mengkategorikan berita yang terpopuler dan terkini. Jadi para pembaca dapat melihat berita sesuai dengan berita yang mereka pilih. Di dalam web kompas juga terdapat banyak banner iklan sebagai sponsor dan jika kita mengklik akan menuju objek tersebut

3. Consistency (Ketetapan)

Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography, teks, dll. Harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.
Hasil analisa :
Pada web kompas memiliki konsistensi yang baik dalam tampilan, pewarnaan maupun gambar. Salah satunya terdapat konsistensi pada frame, setiap halaman mempunyai jumlah dan bentuk frame yang sama.
1.Tampilan Web : dibuat dengan simple agar dapat dibaca oleh semua
kalangan.
2.Warna : warna background dari web tersebut sengaja dibuat
standar dengan background warna putih.
3.Citra/gambar : Kompas.com merupakan situs yang menarik karena di dalamnya terdapat gambar-gambar yang tertentu yang kadang-kadang terlihat lucu (misalnya animasi). Gambar-gambar tersebut berukuran kecil sehingga tidak membebani situs (fast-loading) dan relevan. Pada web ini juga banyak terdapat banner/sponsor.
4.Icon : icon pada web kompas ini ditulis dengan nama KOMPAS.com . Dibuat seperti itu guna untuk memudahkan pembaca untuk mencari web tersebut. Logo dan nama website merupakan identitas utama yang digunakan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang web yang sedang mereka kunjungi. Logo dan nama website Kompas.com dibuat menjadi satu dan menjadi link ke home (logo dan nama dibuat menggunakan suatu file image).
5.Tipografi : pada web kompas, jenis huruf, ukuran dan warnanya standar. Tetapi pembaca atau user dapat membaca dengan jelas isi dari berita tersebut.
6.Teks : Pembaca berharap untuk memperoleh informasi yang diinginkan apabila berkunjung ke suatu halaman Web. Di web kompas ini, pengunjung akan dihadapkan pada bahasa yang menarik dan mudah dipahami pada setiap informasi yang disajikan.
4. Alignment (Perataan)

Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya dimulai dari kiri atas (left alignment). Mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah.

Hasil Analisa :

Pada web Kompas sebagian besar menggunakan perataan kiri untuk setiap objek yang ada di dalamnya.
5. Proximity

Item‐item yang berkaitan ditampilkan bersama. Karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antar item‐item tersebut.

Hasil Analisa :
Pada web kompas unsur Proximity nya sangat diperhatikan oleh pembuat web. Karena item‐item yang ditampilkan saling berhubungan diletakan saling berdekatan. Bahkan pembuat web sudah mengkategorikan berita atau informasi kedalam lingkup pembahasan tertentu ke dalam tab‐tab masing‐masing topik pembahasan. Misalkan saja informasi tentang kesehatan. Didalam informasi ini sudah disediakan topik‐topik khusus yang menginformasikan tentang kesehatan. Jadi pembaca tidak perlu bingung‐bingung jika ingin mencari berita yang mereka inginkan.
6. Contrast (Keserasian Tampilan)

Membuat anda tertarik, memandu mata anda melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Contrast dapat digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men‐set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Gunakan geometri untuk membantu pengurutan.

Hasil Analisa :
Tampilan contrast pada web kompas kurang menarik. Karena hampir tidak ada unsur contrast yang digunakan. Semua kontras dalam web ini hampir sama yaitu warna putih saja. Seperti yang sudah dibahas pada point sebelumnya bahwa web ini merupakan web
dinamis yang selalu menglami perubahan setiap waktu maka web ini tidak menonjolkan
design yang menarik. Yang terpenting adalah isi dari web ini saja.

* Sturktur Navigasi

Struktur navigasi merupakan suatu hubungan seperti pohon faktor, banyaknya halaman dan jumlah dari link‐link yang ada pada suatu web site. Struktur dapat berupa linier hierarki, non‐linear, dan composite. Sturktur navigasi dari halaman utama sangat penting namun struktur dasar untuk semua halaman page yang lain juga penting. Ini mungkin dapat terlihat lebih jelas dalam suatu waktu.

*Perilaku Navigasi

Navigasi dalam website adalah arahan menuntun pengguna untuk menjelajahi (berpindah dari halaman yang satu ke halaman yang lain, membuka informasi-informasi tertentu) situs yang bersangkutan. Navigasi merupakan salah satu hal yang utama dalam perancangan setiap web site. Mood pengguna untuk berlama-lama membuka website juga dipengaruhi oleh baik tidaknya navigasi pada web site tersebut.

Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
‐ Site Index (Peta Lokasi)
‐ Index
‐ Fasilitas Pencarian (Search)

Peta Situs

Kompas.com memiliki halaman peta situs yang berisi seluruh indeks halaman pada situs ini. Link yang mengarahkan ke halaman peta situs terdapat pada footer website. Pada peta situs Kompas.com, berisi link halaman beserta keterangan halaman tersebut. Keterangan tersebut sangat membantu pengguna yang ingin mengetahui isi halaman sebelum membukanya.

kompas4

Index

Navigasi pada web ini dibuat selengkap mungkin guna memudahkan user dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Pada web ini navigasinya juga konsisten untuk setiap halaman web. Pada halaman utama, kita sebut index memuat menu-menu pokok yang bersifat umum sehingga pengunjung bisa langsung masuk ke halaman yang dimaksud.

kompas3
Fasilitas Pencarian (Search)

Pada web kompas terdapat unsur navigasi. Unsur navigasinya adalah fasilitas search yang digunakan untuk mecari berita‐berita yang kita inginkan. Kita cukup mengetikan berita yang ingin di baca dan web pun akan memberikan pilihan‐pilihan beritanya. Selain itu terdapat navigasi yang lainya yaitu terdapat index berita yang di sajikan oleh web ini. Hal ini dapat memudahkan kita dalam memilih berita yang ingin dibaca.

kompas2

*Dampak Perilaku Sosial

Kompas.com adalah situs berita yang cukup populer, dia menyediakan berita-berita terbaru, teraktual, bahkan berita yang telah lama pun masih ada yang tersimpan. Situs ini adalah penyedia layanan berita secara online dan gratis, juga tidak perlu mendaftar untuk membaca beritanya, cukup dengan membuka www.kompas.com maka kita bisa mengetahui berita-berita ter-update di dalam dan luar negeri. Ini sangat membantu kita dalam mencari suatu informasi-informasi terbaru dengan mudahnya dan dengan cepat. Namun banyaknya iklan cukup mengganggu kita dalam membaca sebuah berita. Juga tampilan yang sangat sederhana membuat kita agak bosan untuk melihat atau berlama-lama di situs web tersebut, namun yang perlu kita perhatikan adalah isinya, isinya sangat bermanfaat untuk banyak orang, maka dari itu saya simpulkan bahwa situs ini sangat berdampak baik untuk banyak orang karena membuat orang mengetahui informasi-informasi secara cepat dan gratis.

*Dampak Perilaku Ekonomi

Dampak perilaku ekonomi dari sisi pengelola

Pengelola website tersebut akan mendapatkan pemasukan dari menyediakan layanan berita secara online. Walaupun Kompas.com tidak memungut biaya dari pada pengguna websitenya,tetapi pemasukan bisa didapat dari pihak lainnya , seperti dari iklan ataupun daripada investor yang melakukan investasi di Kompas.com untuk biaya pengembangannya.

Dampak perilaku ekonomi dari sisi pengguna

Dampak ekonomi yang dihasilkan adalah pengguna dapat mengetahui informasi-informasi tentang lowongan pekerjaan, maka pengguna yang suka membaca berita khususnya pengguna yang pengangguran akan sangat membantu mereka dalam mencari pekerjaan. Pengguna juga bisa mengetahui informasi-informasi atau berita tentang ruko-ruko atau rumah yang disewakan atau dijual melalui situs ini, karena banyak sekali iklan yang ada dalam situs tersebut.

Tinggalkan komentar